Wakil Presiden Hadiri Acara Pengukuhan KDEKS Provinsi Kalbar, Kanwil Kemenkumham Turut Serta

Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat, Muhammad Tito Andrianto, menghadiri acara Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Barat pada Rabu (27/03). Acara ini diadakan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat dan pengukuhan dilakukan oleh Direktur Eksekutif KNEKS, Taufik Hidayat, dengan hadirnya Wakil Presiden Ma’aruf Amin sebagai Ketua Harian KNEKS.

KDEKS Provinsi Kalbar dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 1563/RO-EKON/2023 tanggal 20 Oktober 2023 dengan harapan dapat mempercepat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah ini sesuai karakteristik dan potensinya.

Ma’ruf Amin menyatakan perlunya dukungan terus-menerus terhadap keberagaman dan kearifan lokal sebagai keunikan Kalimantan Barat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Keberagaman yang dikelola dengan baik di wilayah ini diharapkan menjadi kekuatan untuk kemajuan Kalimantan Barat yang kaya akan potensi sumber daya alam seperti kelapa sawit, karet, kelapa, bauksit, dan hasil pertanian lainnya.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin juga mendorong pengembangan pariwisata ramah Muslim berbasis alam dan budaya serta diversifikasi komoditas unggulan untuk transformasi ekonomi hijau guna memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun pasar produk halal di luar negeri. Tujuannya adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi Kalbar sehingga dapat melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain menghadiri pengukuhan KDEKS, Wapres juga memberikan sertifikat halal kepada 3 pelaku UMKM secara simbolis dan akan meninjau layanan kesehatan serta program penanganan stunting di Provinsi Kalbar sebelum kembali ke Jakarta. Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai pejabat terkait serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya dan Farhat Brachma.

Source link

spot_img

Hot Topics

Related Articles