Doktor Harvard Berbagi Kisah Bung Karno Citing Ayat Al-Quran di Forum PBB

Bung Karno pernah mengutip ayat Al-Quran di forum Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1960. Sukidi menyampaikan hal ini dalam acara peringatan Nuzulul Quran yang diadakan oleh organisasi sayap PDIP, Bamusi, di Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Selama forum PBB, Bung Karno mengutip Surat Al-Hujurat ayat 13, yang membuat para pemimpin dunia terkesan. Ayat tersebut berisi pesan agar manusia saling mengenal satu sama lain karena mereka semua berasal dari satu laki-laki dan satu perempuan. Bung Karno juga ingin menegaskan bahwa dalam sejarah kemanusiaan, ideologi Pancasila lebih mulia dibandingkan dengan kapitalisme dan komunisme.

Sukidi menekankan bahwa kecintaan Bung Karno terhadap Islam dan Al-Quran sudah terbukti. Bung Karno bahkan menjadi presiden pertama yang menginisiasi peringatan Nuzulul Quran dan Maulid Nabi di Istana. Kehadiran Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, serta sejumlah pengurus PP Bamusi, dalam acara peringatan tersebut juga mencerminkan penghargaan terhadap nilai-nilai yang disampaikan oleh Bung Karno.

Sumber: [rmol.id](https://rmol.id/politik/read/2024/03/30/615122/doktor-lulusan-harvard-kisahkan-bung-karno-kutip-ayat-al-quran-di-sidang-pbb)

Source link

spot_img

Hot Topics

Related Articles