Profil singkat Elisa Kambu, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya mengumumkan bahwa Elisa Kambu resmi menjadi Calon Gubernur Papua Barat Daya yang berpasangan dengan Ahmad Nasrauw.

Meski sebelumnya berkas pendaftaran Elisa-Ahmad sempat dikembalikan karena belum memenuhi syarat terkait tanda tangan pengurus salah satu partai pengusung, mereka berhasil memenuhi semua syarat yang diperlukan sehingga pendaftarannya dinyatakan sah.

Elisa Kambu, pria kelahiran 12 Mei 1964 ini merupakan seorang politikus dari partai politik PDI-Perjuangan. Dia mengawali karier politiknya dengan mencalonkan diri dalam Pilbup Asmat 2015 yang saat itu berpasangan dengan Thomas Eppe Safanpo.

Elisa Kambu-Thomas Eppe Safanpo berhasil meraih posisi pertama dalam Pilbup tersebut dengan memperoleh 53% suara sah, dia kemudian resmi dilantik sebagai Bupati Asmat pada tahun 2016.

Sukses dengan jabatannya sebagai Bupati, Elisa kembali berpasangan dengan Thomas Eppe Safanpo untuk mengikuti Pilbup Asmat pada tahun 2020. Pada pemilihan bupati tahun 2020 Elisa-Thomas diusung oleh 9 partai politik, yaitu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PSI, PAN, dan Partai Demokrat. Mereka berhasil meraih 55% suara sah dan kembali dilantik menjadi bupati dan wakil bupati Asmat pada tahun 2021.

Setelah dua periode menjabat sebagai Bupati, Elisa mengambil langkah yang lebih besar yaitu mengikuti Pilkada 2024 sebagai Calon Gubernur Papua Barat Daya. Kali ini Elisa berpasangan dengan Ahmad Nasrauw yang merupakan ketua MUI Provinsi Papua Barat. Mereka diusung oleh tiga partai politik yaitu Partai Gerindra, PAN dan PKB.

Baca juga: Profil John Tabo, calon gubernur Papua Pegunungan Pilkada 2024

Baca juga: Profil Dominggus Mandacan, cagub petahana Papua Barat Pilkada 2024

Baca juga: Profil Mohammad Lakotani, cawagub tunggal Pilkada Papua Barat 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Source link

spot_img

Hot Topics

Related Articles