Home Politik Mesir Berlanjut dengan Negosiasi Gencatan Senjata Gaza

Mesir Berlanjut dengan Negosiasi Gencatan Senjata Gaza

0

Pada Minggu (31/3), sumber keamanan Mesir mengumumkan bahwa dialog gencatan senjata antara Israel dan Hamas akan dimulai pada Senin (1/4) di ibu kota Kairo.

Menurut laporan yang dimuat di Al-Qahera News, perundingan mengenai gencatan senjata antara kedua pihak tersebut akan dimulai besok di ibu kota Mesir.

Sebelumnya, Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat telah menjadi mediator dalam putaran perundingan, namun belum ada kesepakatan yang final. Pada Jumat (29/3), Netanyahu menyetujui putaran baru perundingan gencatan senjata yang akan dilakukan di Doha dan Kairo.

Salah satu elemen kunci dalam perundingan gencatan senjata adalah kesepakatan mengenai pembebasan sandera, di mana Hamas menyandera sekitar 250 orang selama serangan pada 7 Oktober yang memicu perang. Dari jumlah tersebut, Israel meyakini bahwa 130 orang masih berada di Gaza, termasuk 33 yang diduga tewas.

Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, sedangkan Pengadilan Internasional (ICJ) juga mengeluarkan surat perintah kepada Israel untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat mencapai warga Gaza.

Source link

Exit mobile version