Home Politik Impor Daging Harus Dipercepat agar Harga di Jakarta Rp225 Ribu Per Kg

Impor Daging Harus Dipercepat agar Harga di Jakarta Rp225 Ribu Per Kg

0

Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang dikutip oleh Kantor Berita Politik RMOL, harga rata-rata daging sapi per kilogram di pasar modern di beberapa provinsi adalah Rp163,62 ribu. Data yang diperoleh pada Selasa (2/4) menunjukkan bahwa harga minggu ini mengalami penurunan dari harga sebelumnya yang mencapai Rp164,34 ribu per kg.

Harga daging sapi harian di pasar modern DKI Jakarta menjadi yang tertinggi di Indonesia, yakni Rp225,9 ribu per kg. Sementara itu, harga di Kota Depok dan Bogor masih sekitar Rp130 ribu per kg pada hari yang sama.

Di Lampung, harga daging sapi di pasar modern mencapai Rp183,95 ribu per kg, menjadi yang kedua tertinggi di dalam negeri. Pemerintah telah mengimplementasikan langkah-langkah strategis untuk mengatasi lonjakan harga tersebut, salah satunya adalah mengatur impor sesuai rencana Rakortas tanggal 13 Desember 2023.

Melalui PP 11/2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemasukan Ternak Dan/Atau Produk Hewan, pemerintah bekerja sama dengan BUMN dan swasta untuk menstabilkan harga bahan pokok, termasuk daging. Izin impor terkait diharapkan segera dikeluarkan agar para pelaku usaha dapat segera melakukan impor daging guna menjaga harga di dalam negeri menjelang Lebaran.

Temukan berita-berita terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News. Untuk informasi lebih lanjut, klik tanda bintang.

Source link

Exit mobile version